Berita LengkapDPM-PTSP Banda Aceh

BPJAMSOSTEK Bersama DPMPTSP Banda Aceh Lakukan Kegiatan Promotif dan Preventif 2020

2020-06-26 08:16:28
| |
Share:


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Banda Aceh melakukan kegiatan promotif dan preventif tahun 2020. Kegiatan ini juga sekaligus pembukaan kembali pelayanan BPJAMSOSTEK di Mall Pelayanan Publik (MPP), Pasar Aceh, Banda Aceh, Selasa 23 Juni 2020.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Banda Aceh, Awalul Rizal, mengatakan kegiatan tersebut merupakan Kerja Sama Operasional (KSO) antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banda Aceh dengan BPJAMSOSTEK.

"Sekaligus kami mengemasnya dengan kegiatan untuk pembagian bantuan promotif, preventif bagi peserta kita," katanya.

Awalul menyampaikan, setiap peserta dapat menerima bantuan dari BPJAMSOSTEK, tetapi harus memenuhi persyaratan diantaranya, perusahan yang terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK mininal selama tiga tahun, mendaftarkan seluruh pekerjanya dalam empat program (kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun), serta melaporkan dan membayar iuran secara tertib.

Tahun ini, kata Awalul, karena temanya untuk pencegahan Covid-19 maka pihaknya memberikan bantuan berupa masker, Alat Pelindung Diri (APD) untuk rumah sakit, pemberian gizi kepada pekerja dalam bentuk multivitamin.

Dalam hal ini, ia menegaskan pihaknya tidak hanya melindungi dan menerima iuran, tetapi juga memberikan bantuan-bantuan lain yang dapat menjaga agar pekerja tetap produktif dan aman dalam mendukung perekonomian negara.

Pekerja di PHK

Awalul Rizal mengakui saat ini sudah banyak para pekerja yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), secara nasional tercatat lebih dari dua juta.

Untuk Banda Aceh, yang wilayahnya terdiri dari Sabang, Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, dan Pidie Jaya terdapat 13 perusahaan yang sudah melaporkan ke BPJAMSOSTEK untuk memohon adanya kemudahan-kemudahan atau relaksasi agar memudahkan mereka.

"Termasuk adanya pelaporan untuk merumahkan pekerjanya, ada yang dirumahkan dan ada yang diberhentikan, khususnya di sektor pariwisata," ungkap Awalul.

Selain itu, setelah diterapkannya new normal saat ini, sektor wisata sudah mulai bangkit dan perhotelan mulai banyak yang buka, bagi pekerja yang belum dipekerjakan kembali, ia menyampaikan bisa mengambil haknya dalam bentuk jaminan hari tua.

Maka dari itu, ia mengimbau kepada perusahaan yang mapan (kategori kecil, sedang) bisa mendaftarkan sampai ke program jaminan hari tua. "Fungsinya ini sekarang, ketika perusahaan susah, mereka dapat memanfaatkan hari tuanya untuk menjalani kelangsungan hidup," ujarnya kepada KBA.ONE.

Sumber : kba.one

Tags: News,

Perizinan Kota Banda Aceh

Aplikasi Perizinan Online yang dibangun oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banda Aceh adalah salah satu wujud komitmen pemerintah kota untuk selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada warganya dan juga untuk mendukung penerapan e-government di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo