Berita LengkapDPM-PTSP Banda Aceh

Kabar Gembira, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh Buka Layanan Paspor di MPP

2020-06-29 10:05:59
| |
Share:
BANDA ACEH — Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh telah membuka pelayanan paspor kepada Warga Negara Indonesia (WNI) di Mal Pelayan Publik (MPP) Kota Banda Aceh.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) Antara Pemerintah Kota Banda Aceh dengan Kantor Imigrasi I TPI Banda Aceh tentang Penyelenggaran Mal Pelayanan Publik  di Kota Banda Aceh Nomor 39/MOU/2019 dan W.1.IMI.IMI.1-UM.01.01-3014 tanggal 21 Oktober 2019.
“Sekarang Warga Negara Indonesia (WNI) sudah bisa membuat paspor di MPP  khususnya yang berada dalam Wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh yaitu Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie dan Pidie Jaya, namun tidak menutup kemungkinan dapat juga memproses KTP asal daerah lain selama dokumen persyatannya lengkap dan membawa dokumen asli.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Banda Aceh, Muchlish mengatakan, pelayanan paspor ini merupakan kali pertama dalam bentuk layanan verifikasi, pengentrian data dan pengambilan data biometric, wawancara serta proses pembayaran yang juga dapat dilakukan pada salah satu perbankan yang tersedia di MPP Kota Banda Aceh yang beralamat pada Gedung Pasar Aceh Lt. 3 sejak Senin (29/6).

Alur dan mekanisme pelayanan pembuatan baru dan perpanjangan paspor pada MPP sama dengan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh, hanya saja terkait pengambilan buku paspor tetap dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh yang terletak di jalan Jl. Tengku M. Daud Beureuh No. 82 Banda Aceh dengan waktu penyelesaian 3 hari sejak pembayaran paspor dilakukan.



Counter Imigrasi pada MPP saat ini memproses penerbitan paspor baru dan perpanjangan dengan kuota 20 orang per harinya, untuk layanan paspor hilang, rusak dan perubahan data dapat dilakukan pada Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh, dalam kondisi covid19 bagi pengunjung yang hadir ke MPP memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, untuk menjamin kesehatan petugas dan masyarakat serta diwajibkan menggunakan masker untuk mendapatkan pelayanan.

Lebih lanjut Muchlish menejelaskan terkait terobosan yang dilakukan oleh pihak Kantor Imigrasi melalui MPP Kota Banda Aceh ini dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik kepada warga Kota Banda Aceh dan sebagai bentuk komitmen pelaksanaan Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Oleh sebab itu, ia menghimbau kepada masyarakat agar dapat menggunakan layanan tersebut guna menghindari antrian di Kantor Imigrasi I TPI Banda Aceh, mengisi formulir dan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan secara lengkap sebelum datang ke MPP Kota Banda Aceh.

“Kami menghimbau pada masyarakat agar bisa memanfaatkan fasilitas pelayanan Imigrasi di MPP kita ini, juga menghindari antrian yang lebih panjang di Kantor Imigrasi,” harapnya.
Tags: News,

Perizinan Kota Banda Aceh

Aplikasi Perizinan Online yang dibangun oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banda Aceh adalah salah satu wujud komitmen pemerintah kota untuk selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada warganya dan juga untuk mendukung penerapan e-government di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo