Berita LengkapDPM-PTSP Banda Aceh

Let’s Invest in Banda Aceh

2021-04-08 03:56:44
| |
Share:


Didukung dengan letak geografis yang strategis Kota Banda Aceh merupakan salah satu tujuan untuk berinvestasi di Provinsi Aceh. Dengan data tingkat populasi di Tahun 2019 berjumlah 268.156 orang, dimana laju pertumbuhan penduduk pertahun sebesar 1.15%. Saat ini Kota Banda Aceh terbuka bagi swasta untuk melakukan investasi. Sektor swasta merupakan kunci dalam mencapai tujuan jangka panjang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta membuka peluang kerja yang besar bagi masyarakat Kota Banda Aceh.

Untuk mendukung swasta melakukan investasi di Kota Banda Aceh Pemerintah Kota telah menyiapkan sektor-sektor strategis bagi Penanam Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebagai berikut :

1. Sektor Perdagangan, Jasa dan Koperasi;

2. Sektor Industri;

3. Sektor Infrastruktur;

4. Sektor Energi;

5. Sektor Pariwisata; dan

6. Sektor Perikanan dan Kelautan.

Sektor yang sangat berpeluang saat ini untuk berinvestasi di Kota Banda Aceh yaitu sektor perdagangan, jasa dan koperasi dimana telah tersedia peluang berupa Banda Aceh Business Centre (BSB) dengan konsep perhotelan, mall yang terintegrasi dengan transportasi modern, selain itu Pemerintah Kota juga fokus pada pengembangan sektor koperasi dan UMKM yang tentunya sangat diharapkan dapat bermitra dengan para investor yang akan melakukan investasi di Kota Banda Aceh.


Sektor Pariwisata yang didukung dengan sektor infrastruktur merupakan salah satu sektor yang menjanjikan untuk investor berinvestasi. Banda Aceh merupakan pusat warisan kebudayaan Aceh sekaligus pusat pendidikan Islam yang tentunya memiliki peluang dalam pembangunan Islamic Centre khususnya untuk mendukung wisata religi. Saat ini peluang tersebut telah tersedia dengan konsep pembangunan Nurul Arafah Islamic Center (NAIC) yang diperuntukkan bagi pusat pendidikan, zikir dan rekreasi dengan fasilitas pendukung lainnya berupa perhotelan, souvenier dan kuliner.

Sektor lainnya yang sangat berpotensi yaitu sektor perikanan dan kelautan yang didukung dengan sektor industri. Kota Banda Aceh yang dikelilingi oleh lautan dengan hasil ikan yang melimpah membuka peluang besar bagi para investor yang ingin berinvestasi di bidang perikanan khususnya industri pengolahan ikan yang berada dikawasan Lampulo.


Tersedianya peluang investasi di Kota Banda Aceh juga dibarengi dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan bagi calon investor, salah satunya yaitu pengurusan perizinan bagi calon investor yang akan berinvestasi di Banda Aceh. Keberadaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang saat ini berlokasi di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Banda Aceh yang berlokasi di Pasar Atjeh Baru Lt. III, merupakan wujud keseriusan Pemerintah dalam mempermudah segala macam pengurusan perizinan dan pelayanan pendukung lainnya yang memberikan kemudahan bagi calon investor di dalam satu tempat.


Kota Banda Aceh terbuka untuk calon investor yang ingin berinvestasi serta berkomitmen untuk meningkatkan iklim investasi yang kondusif secara berkelanjutan dan siap menyambut serta mendukung para calon investor untuk bermitra dan berinvestasi di Banda Aceh.

"Mari Berinvestasi di Banda Aceh" 

      Let's Invest in Banda Aceh

Tags: News,

Perizinan Kota Banda Aceh

Aplikasi Perizinan Online yang dibangun oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banda Aceh adalah salah satu wujud komitmen pemerintah kota untuk selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada warganya dan juga untuk mendukung penerapan e-government di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

client logo
client logo
client logo
client logo
client logo