Dikunjungi Sebanyak 9369 Kali
Ditulis pada tanggal 19 April 2017 Jam 11:26:37

 

Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) kepada pengguna pelayanan.  Survey Kepuasan Masyarakat adalah pengukuran secara komprehensif kegiatan tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari penyelenggara pelayanan publik.

Maka dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, pada Tahun 2016  Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Banda Aceh telah melakukan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dengan berpedoman kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Sasaran dilakukannya Survey Kepuasan Masyarakat ini, yaitu :

  1. Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan.
  2. Mendorong penyelenggara pelayanan unuk meningkatkan kualitas pelayanan.
  3. Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

Ada 9 (Sembilan) Ruang lingkup Survei Kepuasan Masyarakat yang telah ditentukan didalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014, yaitu :

1.   Persyaratan

2.   Prosedur

3.   Waktu Pelayanan

4.   Biaya/Tarif

5.   Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

6.   Kompetensi Pelaksana

7.   Perilaku Pelaksana

8.   Maklumat Pelayanan

9.   Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Hasil dari Survei Kepuasan Masyarakat yang diperoleh Tahun 2016 sebesar 82.15 point dengan mutu pelayanan “A”. Nilai SKM ini  diharapkan mampu untuk mengetahui kelemahan atau kekuatan dari unit penyelenggara pelayanan public, mengukur secara berkala penyelenggaraan pelayanan, sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil,  langkah perbaikan pelayanan, serta sebagai umpan balik dalam memperbaiki layanan.

STATISTIK
Kemarin : 14081
Hari ini : 29
Bulan ini : 9842
Tahun ini : 206953
Total : 418180
Online : 2